Touchpad Laptop Tidak Berfungsi? Ini Cara Memperbaikinya!

Touchpad merupakan salah satu kompoten yang berperan penting pada laptop.

Sebagai pengganti peran mouse, touchpad memberikan kemudahan setiap pengguna laptop untuk mengklik suatu aplikasi atau file apapun. Maka itu, saat touchpad mengalami gangguan yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, pasti mengganggu kenyamanan dalam melakukan kegiatan komputasi.

Tak perlu buru-buru panik, disini punya solusi untuk menyelesaikan masalah seperti ini. Berikut beberapa cara untuk mengatasi touchpad laptop yang bermasalah.

Aktifkan touchpad yang disable

Pada beberapa laptop biasanya sudah dilengkapi tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Jadi bisa saja tanpa sengaja kamu menekan tombol tersebut sehingga membuat touchpad tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, carilah tombol di keyboard yang memiliki ikon bergambar touchpad. Biasanya tombol tersebut berada di antara tombol F1 – F12. Jika berhasil ketemu, kamu hanya perlu melakukan tekan kombinasi Fn + tombol tersebut untuk mengaktifkan kursor yang freeze, misalnya Fn + F6 atau Fn + F9.

Cara lainnya, kamu bisa mengaktifkan touchpad dari Mouse Setting menggunakan mouse eksternal. Untuk Windows 7 atau 8, dari menu Start, lalu ketik Mouse. Setelah jendela Mouse Setting terbuka, lalu pilih opsi Enable Touchpad, klik Apply, dan OK. Sementara pada Windows 10, klik tombol Windows, lalu masuk ke Setting dan klik Device. Setelah itu, pilih Mouse & Touchpad untuk masuk ke dalam jendela pengaturan touchpad. Lihat opsi di bagian bawah dan klik Additional Mouse Options untuk mengaktifkan touchpad.

Hapus perangkat lunak mouse

Banyak pengguna laptop yang memasang perangkat lunak bawaan mouse untuk tujuan tertentu. Sayangnya, software tersebut dapat membuat touchpad menolak untuk bekerja dengan baik. Maka itu, hapuslah software mouse tersebut, lalu restart laptop.

Adapun cara untuk menghapus perangkat lunak mouse pada Windows 7 dan 8 adalah tekan logo Windows di keyboard + R secara bersamaan, lalu ketik “dvmgmt.msc” dan OK. Cari bagian Mice And Other Pointing Device, lalu klik software yang telah terinstal. Klik kanan pada software tersebut, lalu Uninstall. Nantinya, akan keluar jendela dialog lalu Delete The Driver Software For Device, dan klik OK. Sementara untuk Windows 10, kamu bisa buka Control Panel, lalu pilih software yang ingin dihapus. Klik kanan dan pilih Uninstall.

Update atau install driver

Jika kamu melakukan install ulang laptop, sudah pasti semua driver di dalam laptop akan ikut hilang. Makanya, hal ini kemungkinan besar dapat membuat touchpad tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kunjungi situs produsen laptop kamu untuk mencari instalasi driver touchpad yang sesuai. Biasanya, produsen besar menyediakan unduhan driver secara gratis untuk mengurangi risiko eror. Jika tidak, kamu bisa mendatangi pusat servis resmi untuk melakukan update driver untuk touchpad.

Perbaiki laptop

Jika semua metode di atas tidak dapat membuat touchpad berfungsi, maka ada sesuatu yang salah dengan laptopmu. Jika laptopmu masih baru, alangkah baiknya untuk segera membawanya ke pusat servis resmi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Nantinya, pihak teknisi akan membantu menemukan penyebab pasti masalah tersebut dan menentukan apakah perangkat dapat diperbaiki atau diganti.

Nah, ternyata caranya sangat mudah, bukan? Beberapa cara di atas bisa langsung kamu coba untuk mengembalikan fungsi touchpad seperti semula. Jika kurang paham, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *