Intip Tips Mengatasi Kipas Laptop Yang Bising

Kipas Laptop Yang Tiba-Tiba Berbunyi Lebih Keras Dari Biasanya Atau Menimbulkan Suara Yang Aneh, Bukanlah Sesuatu Yang Harus Diabaikan.

Selain dapat mengganggu fokus dan kenyamanan saat digunakan untuk bekerja maupun bersantai, suara berisik ini biasanya merupakan indikasi bahwa kipas laptop tidak bekerja dengan baik. Makanya, kamu harus segera memastikan penyebab yang menimbulkan masalah ini.

Berikut beberapa sumber penyebabnya dan strategi untuk mengatasi masalah kipas yang berisik:

Kipas bekerja ekstra

Sedang asyik bermain game namun malah terganggu dengan suara berisik dari dalam laptop? Jika kamu mengalami ini, maka indikasi utama yang terjadi adalah beban kerja prosesor terlalu berat. Saat prosesor harus bekerja di luar kapasitasnya, maka dapat menaikkan suhu prosesor. Akibatnya, laptop menjadi panas, sehingga baling-baling kipas pun bekerja lebih kencang hingga menimbulkan suara berisik.

Solusi: Segera perhatikan spesifikasi laptop. Jika spesifikasi laptop standar, hindarilah menjalankan aplikasi atau program yang menguras tenaga prosesor ekstra atau beban melebihi kapasitasnya. Sebaiknya jalankan aplikasi yang diperlukan saja.

Kipas terlalu kotor

Munculnya suara berisik juga menjadi tanda bahwa kipas laptop kotor. Kotoran yang menumpuk di kipas, terutama debu dan rambut dapat menghambat performa kipas untuk mendinginkan hardware laptop. Hal inilah yang kemudian menimbulkan suara bising pada laptop.

Solusi: Bersihkanlah kipas dan lubang ventilasi laptop minimal secara rutin. Jika laptop kamu masih memiliki garansi, bawalah ke service center resmi untuk mendapat penanganan yang tepat dan mencegah hilangnya garansi yang ada.

Kipas rusak

Sudah berapa tahun kamu menggunakan laptop kesayanganmu, spAcer? Jika sudah bertahun-tahun, bisa jadi suara berisik muncul akibat komponen kipas laptop sudah rusak seiring lamanya umur pemakaian laptop. Penyebab lainnya adalah keteledoran memasang kipas yang kurang sesuai setelah melakukan upgrade laptop.

Solusi: Gantilah kipas sesegera mungkin ke tempat servis terpercaya. Saat ini, sudah banyak kipas yang menawarkan tingkat kecepatan yang dapat diatur atau mendukung modulasi kecepatan kipas melalui program seperti SpeedFan. Solusi lainnya, kamu bisa melengkapi laptop dengan pendingin eksternal (laptop cooler) yang berfungsi agar laptop tidak cepat panas.

Jadi, amatlah penting untuk menaruh perhatian kepada ‘nyawa’ laptop kesayanganmu. Jika kamu menginginkan laptop yang dapat beroperasi tenang dan praktis digunakan di mana saja, maka jatuhkan pilihanmu pada Acer Switch 5. Semua yang kamu inginkan, ada di notebook canggih ini!

Switch 5 dirancang sebagai notebook hybrid yang menggunakan teknologi fanless (tanpa kipas) LiquidLoop™. Ini artinya, kamu bisa menggunakan Switch 5 untuk aktivitas apapun tanpa khawatir notebook tak mengeluarkan suara yang mengganggu. Mau dipakai di mana saja bukanlah masalah, karena Switch 5 dapat beroperasi senyap. Bahkan, teknologi LiquidLoop™ dapat mengurangi masuknya debu dan kotoran lain sehingga masalah overheat tidak akan terjadi.

Sistem fanless dalam Switch 5 juga membuat notebook ini nyaman untuk mendukung kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Notebook ini memiliki berat hanya 1,27 kg, dimensi bodi yang tipis, dan daya tahan baterai hingga 10 jam. Sementara dari sisi perawatan, teknologi tanpa kipas cenderung menguntungkan karena tak perlu usaha untuk melakukan perawatan secara rutin sehingga dapat memperpanjang umur notebook!

Nah, sudah tahu kan sekarang bagaimana mengatasi kipas laptop yang bising? Ikuti solusi di atas dan akan lebih baik jika memilih notebook berteknologi sistem fanless seperti Switch 5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *