5 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Overheat, ini Solusinya !

SOLVE OVERHEAT!

Masalah yang pasti sering dialami oleh semua pengguna laptop adalah laptop yang digunakan tersebut sering “overheat” atau bisa dibilang cepat “PANAS“.

Memang masalah tersebut merupakan masalah umum yang sering dialami yang membuat pengguna laptop tersebut menjadi sangat tidak nyaman karena merasakan panas saat ingin menggunakan laptop. Penyebab laptop panas pun ada beberapa macam, salah satunya adalah karena laptop tersebut jarang dibersihkan.

Nah, saat ini Jaka akan memberitahu Kamu bagaimana cara mengatasi laptop yang sering overheat namun cara berikut ini sebatas meminimalkan saja. Bukan berarti panas pada laptop 100% hilang! Berikut ini adalah 5 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Overheat.

1. Jaga Kebersihan Laptop

Hal yang pertama kali yang harus Kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang sering Overheat adalah jaga kebersihan laptop. Pasti semua orang sudah tau bahwa cara ini adalah cara yang paling gampang untuk menghilangkan panas pada laptop.

Rajinlah membersihkan area luar laptop dan jalur pembuangan laptop, usahakan tidak ada debu yang menempel pada bagian tersebut.

2. Jaga Sirkulasi Udara

Usahakan sirkulasi udara pada laptop kamu tetap terjaga artinya tempatkan lah laptop kalian pada permukaan yang padat seperti diatas meja ataupun lantai.

Jangan pernah letakkan laptop di atas permukaan yang lembut yang berpotensi menyumbat sirkulasi udara laptop, seperti di atas bantal atau di atas kasur. Karena hal tersebut dapat menghambat sirkulasi udara laptop sehingga laptop Kamu cepat panas.

3. Pastikan Kondisi Listrik Dalam Kondisi Baik

Seperti yang kita ketahui, kondisi kelistrikan di Indonesia kurang bagus untuk perangkat elektronik. Kadang daya voltasenya cuma 190 Volt dan 200 Volt. Bahkan ada juga lho yang hanya 170 Volt. Nah, kebayang nggak kalo adapter laptop Kamu dihubungkan ke voltase yang rendah, bisa rusak tuh laptop Kamu.

Dikarenakan aliran listrik yang masuk ke laptop kurang optimal dan kurang stabil. Lama-lama adaptor laptop kamu akan rusak dan laptop akan panas bahkan bisa juga laptop kamu yang mati total. Untuk mengakali hal tersebut, gunakan stabilizer untuk mencukupi daya voltase yang dibutuhkan supaya laptop kamu jadi awet.

4. Jangan Lupa Lakukan Pemeriksaan Berkala

Lakukan lah perawatan berkala pada laptop Kamu. Seperti membersihkan bagian dalam laptop, mengganti pasta thermal yang baru pada processor dan juga scan data-datamu supaya terbebas dari virus yang dapat membuat laptop kamu bekerja secara lebih.

5. Lakukan Backup Data Secara Rutin

Sebenarnya, cara yang terakhir ini adalah cara yang dilakukan jika laptop kamu tetap tidak berkurang panasnya, yaitu lakukan backup datamu secara rutin. Karena dikhawatirkan laptop yang terlalu panas tersebut dapat membuat laptop tersebut mati total. Nah, gawat kan? Sebaiknya antisipasi saja hal tersebut dengan cara backup data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *